hubble-abadikan-penampakan-mars-dari-jarak-dekat-Kb72PzFZ3q

CALIFORNIA – Sebuah potret luar biasa Mars ditangkap Teleskop Antariksa Hubble. Potret tersebut diambil pada 12 Mei, di mana Mars hanya berjarak 80 juta km dari Bumi.

Sebagaimana dilaporkan Space, Jumat (20/5/2016), jarak itu cukup dekat dalam skema kosmik di mana Mars hampir di ‘oposisi’ ketika dia dan Matahari berada pada sisi berlawanan dengan Bumi dan dari satu sama lain yang akan datang pada 22 Mei.

“Oposisi menandai pendekatan terdekat planet ke Bumi, sehingga Mars muncul lebih besar dan lebih terang di langit daripada biasanya,” terang pejabat Badan Antariksa Eropa (ESA). Seperti diketahui, misi Hubble dijalankan bersama oleh NASA dan ESA.

“Momen ini memungkinkan para astronom menggunakan teleskop di antariksa dan di darat untuk melihat lebih detail permukaan Mars,” lanjutnya. Pendekatan yang paling dekat akan benar-benar datang pada 30 Mei, ketika Bumi dan Mars dipisahkan oleh jarak 46,8 juta mil (75,3 juta km).

Sementara itu, foto Hubble kali ini menunjukkan pemandangan natural Mars yang memiliki gunung, dataran, lembah, kawah dan banyak fitur geologi lainnya. “Daerah oranye di tengah gambar adalah Arabia Terra, wilayah dataran tinggi yang luas, “ tambah pejabat ESA.

Landscape ini padat kawah dan sangat terkikis, menunjukkan bahwa hal itu bisa menjadi salah satu fitur tertua di planet ini. South of Arabia Terra, berjalan dari timur ke barat di sepanjang khatulistiwa dan adalah fitur gelap lama yang dikenal sebagai Sinus Sabaeus (ke timur) dan Sinus Meridiani (ke barat). Wilayah-wilayah yang lebih gelap ditutupi oleh batuan dasar dari aliran lava kuno dan fitur vulkanik lainnya,” tutupnya.

Tak hanya itu, foto juga menunjukkan awan yang menyelimuti dataran vulkanis gelap Syrtis Major, di sisi kanan dari Mars, dan menutupi selatan kutub es yang luas juga.  Daratan es utara cukup kecil karena saat ini musim panas di belahan Bumi utara Mars

http://techno.okezone.com/read/2016/05/20/56/1393966/hubble-abadikan-penampakan-mars-dari-jarak-dekat