10-cara-hemat-baterai-selama-mudik-2-selesai-KBc9ESFioF

JAKARTA – Perjalanan mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika hari raya Lebaran. Berbeda dengan mudik di zaman dahulu, mudik di era digital ini penuh dengan kebutuhan bermedia sosial atau sekadar melihat peta digital.

Seluruh kegiatan di dunia maya tentunya membutuhkan perangkat untuk mengakses internet. Sudah bukan rahasia bahwa tidaksmartphone memiliki daya tahan baterai yang besar dan bertahan lama. Lalu bagaimana cara mengakalinya?

Berikut ini 10 tips yang dapat membantu Anda untuk membuat baterai bertahan lebih lama ketika berada dalam perjalanan ke kampung halaman seperti dilansir dari PC Advisor:

Aplikasi Berjalan di Background

Multitasking atau kemampuan menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu adalah kemampuan kuat smartphone. Namun, kemampuan tersebut mitosnya juga menyedot banyak daya baterai.

Beberapa aplikasi, seperti Facebook, sempat mengakui bahwa mereka menyedot banyak daya. Facebook telah mengerjakan perbaikan tersebut agar tidak berat dijalankan prosesor.

Kendati demikian, hal serupa tidak berlaku untuk perangkat iOS. Aplikasi yang berjalan di background handset tidak mempengaruhi kinerja prosesor, menurut Senior Vice President Software Apple Craig Federighi. Ini karena aplikasi akan segera berhenti bekerja begitu pengguna membuka aplikasi baru.

Anti-Getar

Sebagian orang lebih suka menggunakan mode getar daripada memberikan ringtone untuk smartphone. Sayangnya, mode getar juga memerlukan banyak konsumsi daya. Ini karena smartphoneperlu merotasi sedikit bebannya untuk menggoncang smartphone.

Notifikasi

Matikan pemberitahuan yang tidak terlalu penting. Ini karena ketika memberikan notifikasi, layar ponsel akan menyalakan LED sehingga mengonsumsi energi.

Push E-mail

Membuat ponsel secara terus menerus mengecek e-mail juga bisa menguras tenaga. Setting ponsel Anda untuk mengecek e-mailmisalnya setiap 15 atau 30 menit sekali jika Anda sedang dalam mode bersantai dan tak perlu menjawab e-mail secepatnya.

Mode Hemat Energi

Sejumlah smartphone terbaru sudah dilengkapi dengan mode penyimpanan energi. Mode ini bisa dipakai tidak hanya ketika dayasmartphone dalam keadaan kritis.

Menyalakan mode ini akan membuat smartphone Anda berjalan lebih praktis dan otomatis baterai lebih hemat. Mode ini memungkinkan aplikasi tidak memperbarui diri sendiri dibackground, mematikan vibrasi dan lainnya.

Anda juga bisa menginstal aplikasi penyimpan daya lainnya untuk mengatur konsumsi daya. Aplikasi bisa membantu Anda menambah masa hidup baterai beberapa jam.

http://techno.okezone.com/read/2016/06/23/92/1423328/10-cara-hemat-baterai-selama-mudik-2-selesai